Ada Korban Lagi, Menpora : Kita Harus Laksanakan Kongres Suporter

Menpora yakni Imam Nahrawi kembali mengungkapkan keinginannya untuk melaksanakan kongres yang dikhususkan untuk semua penggemar klub sepakbola Indonesia. Hal ini berhubungan dengan meninggalnya salah satu penggemar dari Persib Bandung, yakni Ricko Andrean.

Sebelum laga Liga 1 berlangsung, Imam Nahrawi sudah memiliki keinginan untuk melaksanakan kongres ini. Namun, sepertinya keinginannya itu tidak didukung oleh dari pihak federasi, klub, maupun penggemar klub sepakbola Indonesi.

Oleh karena itu, setelah adanya insiden menyedihkan yakni perginya Ricko Andrean yang sempat kritis karena mendapat pengeroyokan, menteri dari Bangkalan, Madura itu kembali menegaskan agar seluruh pihak sama-sama bekerjasama dalam menyelesaikan kekisruhan karena sikap anarkis penggemar yang selalu terjadi. Ini dirasa sangat penting supaya ke depannya semua dapat berjalan tanpa ada kejadian buruk ini terjadi.

” Sejatinya, kami tidak pernah lelah untuk menemukan solusi antara mereka dan ingin mengadakan pertemuan. Namun, kita tahu jika dalam kumpulan fans terdapat juga kumpulan dan komunitas lain. Saya rasa ini penting untuk dibicarakan bersama. Ini penting karena suporter adalah bagian dari sepakbola. Jangan ada lagi hal buruk dan bodoh seperti ini terjadi, harus pergi satu nyawa dengan sia-sia, ” ucap Imam.

Lebih lanjut, Menpora ini menyebutkan jika dengan adanya kongres suporter itu, akan ada wadah untuk membicarakan masalah ini. Akan tetapi, belum ada sambutan dari federasi, klub, dan suporter. Walau begitu, Imam tetap yakin hal ini dapat diselenggarakan.

” Saya rasa belum mendapat respons, dan juga karena euforia luar biasa yang terjadi di Liga 1 kemarin. Jadi semua pihak masih sibuk. Tapi, tetap saya tekankan untuk menyudahi konflik suporter,” tutup Imam Nahrawi.