Arjen Robben dan Keinginannya Setelah Pensiun Nanti

Salah satu andalan Bayern Munich yakni Arjen Robben tidak membantah jika dirinya akan segera menyudahi karirnya sebagai pesepakbola. Hal ini menjadikan Robben saat ini lebih menikmati perannya di lapangan dan jadi lebih sering membayangkan masa depannya setelah resmi gantung sepatu.

Pemain bola dari Belanda yang saat ini memasuki usia ke-33 tahun memang baru memperbaharui kontraknya dalam waktu satu tahun di bulan Januari lalu. Selama memperkuat Bayern, Arjen Robben sudah mendapatkan banyak prestasi besar, termasuk mendapatkan gelar treble di 2013 silam.

Belum dapat dipastikan jika Robben masih akan kembali merumput setelah musim 2017-18 ini usai. Akan tetapi, satu hal yang pastinya akan terjadi adalah Robben sudah mengetahui apa yang akan dia lakukan setelah bukan menjadi bagian dari Bayern Munich lagi.

” Aku merasa semakin percaya diri mengenai apa yang akan saya lakukan dan alami saat nanti memutuskan untuk gantung sepatu dari dunia sepakbola ini. Saya sekarang lebih terbuka dengan apa yang namanya pensiun dari pemain sepakbola. Kini, saya merasakan waktu itu kian dekat, ” papar Robben.

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa hal ini merupakan hal yang memang akan terjadi pada tiap pemain sepakbola. “ Saya cukup senang dan nyaman menghadapi hal tersebut. Saat ini, saya tidak fokus pada tahun 2018 nanti. Saya lebih memikirkan pada apa yang terjadi saat ini. ” tuturnya kemudian.

” Sampai saatnya tiba, saya akan beristirahat dalam waktu enam bulan dan menikmati waktu yang ada untuk melihat apa yang menjadi pilihanku, ” ungkap pesepakbola kidal tersebut.

Arjen Robben mengawali kariernya bersama tim Groningen di tahun 1996 hingga kemudian naik ke tim senior berselang empat tahun kemudian. Robben mengisyaratkan membuka peluang untuk bergabung dengan klub lamanya tersebut setelah tidak bermain di lapangan.

” Namun, yang pasti aku sepertinya akan pulang ke Belanda, yakni Groningen. Aku masih mempunyai teman dekat dan menjalin hubungan yang mengesankan dengan mereka. Mungkin akan terdapat sesuatu yang saya inginkan di sana, ” tutup Arjen Robben.