Bertemu Espanyol, Valverde Tidak Ingin Bernostalgia

Ernesto Valverde bakal langsungkan pertandingan emosional ketika Barcelona, berhadapan dengan Espanyol di babak perempatfinal Copa del Rey. Valverde perlu tepikan rasa sentimennya sesaat.

Barca bakal lebih awal melangsungkan laga ke Cornella El-Prat di pertemuan pertama pada hari Kamis (18/1) dinihari WIB, sebelum mendapat giliran jadi Espanyol di Camp Nou 1 pekan selanjutnya.

Espanyol jadi salah satu klub yang paling berkesan dalam karier dari Valverde sebab ia sempat jadi pemain dan pelatih di sana. Ketika masih aktif bermain, Valverde pernah mengantarkan Espanyol bermain sebagai runner-up di babak final Piala UEFA 1987/1988, dan mengulangi lagi sebagai pelatih pada tahun 2006/2007.

Usai berpisah jalan pada tahun 2008, Valverde berpindah-pindah klub hingga akhirnya bergabung Los Cules sedari musim panas 2017, untuk gantikan Luis Enrique.

“Anda tinggalkan beberap pertanyaan emosional seperti ini ketika Anda bakal hadapi sebuah duel seperti ini,” ucap pelatih Barcelona tersebut di Marca.

“Espanyol memang menjadi sebuah klub yang krusial dalam masa depan saya, namun saat ini waktunya fokus pada sisi profesional. Saya miliki kewajibkan dengan klub saya, yaitu menangkan duel ini.”

Barca didorong statistik oke di pertarungan ini. Lionel Messi dan para rekannya raih 100% hasil oke lewat 6 Derby Catalan di tiap ajang domestik dengan menceploskan total 23 angka dan cuma kebobolan 2 angka saja.