Del Bosque Berencana Pensiun Usai Piala Eropa 2016

Manajer tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque mengungkapkan keinginannya untuk pensiun dari kegiatan melatih Timnas Spanyol setelah Piala Eropa 2016 mendatang. Namun, Del Bosque sendiri belum tahu siapa yang akan menjadi penerusnya kelak karena itu adalah keputusan federasi.

Kontrak Del Bosque bersama La Furia Roja akan berakhir di musim panas nanti. Pelatih 65 tahun tersebut mengaku tidak ingin melanjutkan lagi perannya sebagai memimpin timnas Spanyol karena merasa sudah cukup delapan tahun berada di sana.

Walaupun demikian, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) ternyata belum ingin ditinggalkan oleh pelatih timnas Spanyol yang paling sukses ini. Maka dari itu dalam waktu dekat ini Del Bosque dan pihak RFEF akan segera membicarakan mengenai kelanjutan masa depannya.

Beberapa waktu lalu Del Bosque mengungkapkan jika dirinya sudah memiliki nama yang bisa menggantikannya di timnas. Terkait soal, Del Bosque mengaku dia tidak memiliki kewenagan sama sekali untuk memutuskan itu.

“Saya tidak tahu soal siapa penerus saya nanti. Mereka belum meminta pendapat saya dan jika mereka melakukannya, saya akan memberikan apapun yang saya bisa dalam kapasitas saya sebagai seorang pelatih, tidak lebih dari. Mengenai soal pengganti saya, silakan tanya kepada Presiden,” ujar Del Bosque yang dilansir oleh Football Espana.

“Saya rasa saya akan berhenti pada musim panas ini, keinginan saya memang tidak lanjut, tapi ini adalah keputusan dari presiden, dan kami akan membicarakannya pada waktu yang tepat. Ini hanya masalah kecil yang akan diselesaikan secepatnya.”

“Tim nasional tetap akan seperti ini, saya rasa situasinya akan sama-sama menguntungkan jika saya tidak sudah tidak berada bersama mereka,” tutupnya.

Del Bosque menangani tim nasional Spanyol sejak 2008 dan sukses membawa squad La Furia Roja memenangkan Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.