Gaya Main Atletico Dikritik, Ini Jawaban Simeone

Gaya bermain Atletico mendapat cibiran akhir-akhir ini. Sang manajer Atletico, Diego Simeone pun menjawab kritikan-kritikan yang mengarah ke timnya.

Salah satu orang yang ikut menyinyir Atletico ialah eks gelandang Barcelona, Xavi Hernandez. Xavi harap takkan melihat mantan timnya dan Real Madrid meniru gaya main bertahan ala Atletico.

“Klub-klub top seperti Barcelona dan Madrid harus berpegang pada gaya main mereka sendiri. Anda tidak seharusnya tampil Atletico,” ujar Xavi.

“Saya tak senang menyaksikan tim tampil sangat bertahan. Atribut terbesar Simeone ialah dia sempurna membuat Atletico meredam gempuran lawan,” katanya.

Di leg pertama empat besar Liga Champions kontra Bayern Munich, Atletico yang jadi tuan rumah justru lebih sering bertahan, terutama ketika memimpin lebih dulu berkat gol Saul Niguez. Pemain Bayern, Arturo Vidal, yakin betul Atletico bakal mempertahankan pakem serupa malah mungkin lebih bertahan lagi.

Simeone pun coba menjawab kritikan itu dengan kalem. Menurutnya, taktik Atletico kini adalah yang paling pas dengan komposisi skuat yang ada.

“Yang pertama, saya berterima kasih atas pandangan setiap orang. Kami semua memiliki alasan ada cara memainkan sepakbola berbeda,” ujar Simeone di Soccerway.

“Sepakbola merupakan olahraga yang hebat. Ada banyak cara untuk menerapkannya, tergantung dengan pemain yang anda punya. Saya senang bekerja disini bersama dengan para pemain,” imbuh pelatih asal Argentina itu.

“Tujuan saya ialah memberdayakan para pemain, sistem permainan. Kebanggaan terbesar saya ialah mengelola talenta yang ada,” jelasnya.