Italia Jangan Senang Dulu, Spanyol Menanti

Italia meneruskan langkah okenya setelah tundukkan Liechtenstein. Selanjutnya mereka bakal berhadapan dengan Spanyol yang bakal menjadi pertandingan yang penting ke ajang Piala Dunia 2018.

Italia raih hasil oke dengan skor telak 5-0 ketika berhadapan dengan Liechtenstein di Dacia Arena pada hari Senin (12/6/2017) dinihari WIB lewat laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018. Gli Azzurri bermain unggul pada laga ini, namun pernah merasa kerepotan untuk cetak angka pada babak pertama.

Skuat yang di besut oleh Giampiero Ventura tersebut hanya ciptakan 1 angka pada tengah waktu pertama dengan tendangan Lorenzo Insigne. Barulah pada babak kedua Italia bermain lebih oke dan membuat kesempatan lebih nyata, sampai akhirnya ciptakan 4 angka lewat Andrea Belotti, Eder Martins, Federico Bernardeschi, dan Manolo Gabbiadini.

Dengan menyeluruh, Italia kuasai bola sampai dengan 71 persen dengan lesatkan 37 percobaan dengan 13 di antaranya mengarah ke gawang. Sedangkan tim tamu hanya miliki 4 upaya dan tidak ada satupun di antaranya yang tepat ke sasaran.

Ventura menganggap kalau para pemainnya kurang menanti pada babak pertama sampai laga jadi tidak efektif dan efisien. Pada babak kedua timnya tampil lebih tenang dan padu lewat membuka ruang.

“Sepakbola merupakan sebuah pertandingan dan pada babak kedua kami mulai tampil membaik. Kami jalankan bola dengan semakin oke, kami buat sebuah gabungan, sedangkan pada babak pertama kami hanya berusaha ciptakan angka tanpa bikin hal yang lainnya yang ikuti itu,” imbuh dia.

“Pada babak kedua lebih oke. Hal tersebut merupakan usaha sebuah tim dan kami berusaha memberi bola pada semua arah, untuk bikin kesempatan dibanding hanya menembak ke target,” kata Ventura.

Lewat hasil ini, Italia meneruskan deretan hasil tanpa hasil negatifnya. Sedari kalah melawan Prancis pada partai pertama dengan Ventura, Italia lewati 10 partai selanjutnya dengan 8 hasil oke dan 2 kali seri.

Namun dengan saktikan performa pada pertandingan melawan Liechtenstein, Ventura katakana kalau timnya masih harus memperbaiki diri. Tidak ada alasan untuk amat percaya diri ditambah dengan lawan selanjutnya ialah Spanyol pada tanggal 9 September yang akan datang.

“Saya merasa performa pada babak pertama tersebut berguna, sebab saat Anda ingin bikin amat banyak hal, malah pada akhirnya tidak bikin apapun. Jika kami ke pertandingan menghadapi Spanyol dengan merasa amat yakin, kami bakal meledak,” ujar dia.

Spanyol dan Italia sekarang ini tengah berselisih sengit di urutan atas klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2018. Keduanya catatkan 16 poin lewat 6 laga, dengan Spanyol berada di urutan teratas grup sebab berhasil unggul jarak cetak angka. Cuma yang berada di urutan atas klasemen yang akan lolos langsung ke putaran final yang berlangsung di Rusia.