Jika Diberi Kesempatan, Giggs Bisa ‘Guardiola’ Bagi MU

Mantan pemain dan kapten Manchester United, Bryan Robson menyatakan jika dia lebih setuju jika Ryan Giggs menjadi penerus Louis van Gaal ketimbang MU mencari manajer lain. Robson menyebut jika Giggs layaknya seorang Pep Guardiola untuk MU.

Hal itu tidak terlepas dari rumor yang menyebutkan jika Jose Mourinho dan Mauricio Pochettino sedang diburu MU untuk menggantikan Van Gaal.

Padahal menurut Robson rencana awal 19 bulan lalu seharusnya tetap dijalankan, dengan Giggs yang menjadi penerus Van Gaal saat kontrak manajer asal Belanda tersebut habis.

“Ryan akan bisa menjadi Pep Guardiola untuk Manchester United jika dia diberikan kesempatan. Pep adalah sosok yang cerdas dan memiliki kualitas jempolan akan sepakbola, begitu juga dengan Ryan” ungkap Robson.

Robson tidak sepakat dengan pendapat orang-orang yang menilai Giggs masih minim pengalaman. Mantan gelandang MU tersebut sudah menayaksikan secara langsung bagaimana cara kerja dua manajer penuh pengalaman seperti Sir Alex Ferguson dan Louis van Gaal.

“Pada masa Louis van Gaal sebagai pelatih, orang-orang berkata jika Ryan akan belajar di bawah arahannya, mendapatkan lisensi menjadi pelatih dan siap untuk pekerjaan tersebut. Mereka menganggap jika Ryan masih minim pengalaman. Namun dia sudah melihat Sir Alex bekerja selama 26 tahun,” ujarnya.

Pada awal kariernya sebagai seorang pelatih, Guardiola dipromosikan dari tim Barca B ke tim senior di antaranya karena dia merupakan mantan pemain klub itu sendiri sehingga sudah paham benar dengan filosofi klub. Robson menilai jika Giggs bisa seperti Guardiola jika dia diberi kesempatan.