Lagi, Barcelona Gagal Cetak Gol Lewat Penalti

Pertandingan melawan Rayo Vallecano menjadi saksi bagaimana pemain Barcelona memperpanjang rekor buruk dalam urusan mengeksekusi penalti. Walaupun demikian, Luis Enrique sebagai manajer Barcelona mengaku tak khawatir akan catatan buruk tersebut.

Dalam pertandingan yang diselenggarakan di Campo de FĂștbol de Vallecas, Jumat 4 Maret 2016 dini hari WIB, Barca menekuk tim tuan rumah dengan skor telak 5 – 1. Messi mencetak hat-trick, sementara dua gol lainnya masing-masing dibukukan oleh Ivan Rakitic dan Arda Turan.

Luis Suarez sebenarnya memperoleh kesempatan untuk mencatatkan namanya di papan skor dalam pertandingan tersebut. Namun, penyerang tim nasional Uruguay itu gagal memanfaatkan peluang saat menjadi eksekutor penalti.

Di menit ke-67, Barca mendapatkan hadiah penalti setelah Manuel Iturra melanggar Sergio Busquets dari belakang di kotak penalti. Iturra mendapatkan hadiah kartu merah karenanya dan Suarez ditugaskan menjadi eksekutor penalti tersebut.

Namun Suarez sepertinya sedang tidak beruntung saat itu, arah tendangannya bisa dibaca oleh kiper Rayo, Juan Carlos. Kiper berusia 28 tahun itu pun berhasil menggagalkan penalti Suarez.

Ini bukan pertama kalinya pemain Barca gagal mengeksekusi penalti. Dalam 13 kesempatan penalti terakhir, 7 di antaranya gagal berbuah. Walaupun itu bukanlah sebuah catatan yang bagus, Enrique mengaku tidak khawatir.

“Dalam soal itu, kami memang sedang kurang bagis. Tapi, pada akhirnya, kemenangan adalah yang paling penting untuk kami. Kami memang harus memperbaikinya, tapi yang seperti sudah selalu saya katakan, ini bukan sesuatu yang kami khawatirkan,” ujar Enrique.

Atas kemenangan di kandang Rayo Vallecano kali ini, Barca masih nyaman di puncak klasemen sementara La Liga dengan koleksi 69 poin. Mereka berada delapan poin diatas Atletico Madrid dan unggul 12 poin dari Real Madrid.