Mane Memang Penting, Tapi..

Sadio Mane terbukti menjadi sosok yang dibutuhkan oleh Liverpool. Mane tampil sebagai aktor penting kembalinya Liverpool ke jalur positif akhir pekan lalu. Walaupun demikian, hal itu juga tidak lantas membuat Mane dianggap sebagai satu-satunya pemain yang bisa memenangkan Liverpool.

Liverpool meraih kemenangan saat menerima kunjungan Tottenham Hotspur di Anfield Stadium pada Minggu (12 Februari 2017 dinihari WIB kemarin. The Reds menang dua gol tanpa balas dan semua gol itu tercatat atas nama Mane.

Ini merupakan kemenangan pertama The Reds di ajang Premier League setelah pergantian tahun. Sebelum kemenangan ini, tim asuhan Juergen Klopp tersebut hanya mampu meraih tiga hasil imbang dan dua kekalahan.

Secara keseluruhan, ini merupakan kemenangan kedua yang berhasil diraih oleh Liverpool dalam 11 pertandingan sepanjang tahun 2017. Dalam 11 pertandingan itu, mereka meraih empat kali hasil imbang serta menelan lima kekalahan.

Periode buruk itu sudah selalu dihubung-hubungan sebagai imbas ketidakhadiran Mane. Pemain tim nasional Senegal itu memang sempat absen cukup lama karena harus memperkuat negaranya di ajang Piala Afrika 2017.

Mane tercatat absen dalam tujuh pertandingan, di mana Liverpool cuma mendapatkan satu kemenangan dalam periode itu dan menelan empat kekalahan. Namun rekan setimnya, Georginio Wijnaldum, menepis anggapan timnya sangat bergantung pada Mane, walaupun juga menyebut Mane adalah sosok penting.

“Dia memang salah satu pemain penting unyuk kami, tapi tidak benar jika Sadio Mane adalah satu-satu pemain yang bisa membuat kami meraih kemenangan. Pekan lalu kami juga kalah walaupun ada Sadio Mane. Saya rasa tidak adil untuk para pemain lain jika ada pendapat yang mengatakan ‘Karena Sadio Mane-lah kami menang,” ungkap Wijnaldum dikutip Sky Sports.

“Kalau situasinya pemain lain, contohnya Philippe Coutinho yang cedera, kalau kami dapat hasil-hasil yang kurang oke, maka semuanya juga akan mengatakan ini kemenangan kami hanya ada karena Phil,” jelas Wijnaldum.