Messi Dan Mascherano Putuskan Pensiun Dari Argentina

Bintang sepakbola dunia, Lionel Messi memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Argentina setelah kekalahan menyakitkan di final Copa America Centenario 2016 dari Chile, Senin 17 Juni 2016 pagi WIB. Messi merasa sangat putus asa karena selalu gagal mengantarkan Argentina menjadi juara.

Pada partai final Copa America Centenario, Argentina kalah 2-4 dari Chile dalam drama adu penalti. Ditunjuk sebagai eksekutor pertama, Messi justru gagal.

Sudah empat kali pemain berjuluk La Pulga ini mengantarkan Argentina melaju hingga ke babak final. Tiga final di antaranya merupakan turnamen Copa America (2007, 2015, dan 2016) sementara satu pertandingan puncak lainnya adalah di final Piala Dunia 2014.

Sebenarnya, usia Messi untuk pensiun dari timnas terbilang masih cukup. Penyerang andalan Barcelona itu baru berusia 29 tahun. Tentu masih punya kesempatan untuk berlaga di Piala Dunia dan Copa America selanjutnya. Namun, Messi sudah memutuskan untuk berhenti membela tanah kelahirannya.

“Saya sudah memutuskan tentang masa depan saya di tim nasional. Saya memutuskan ini mengakhiri karier saya bersama timnas dan untuk banyak orang yang menginginkan jadi juara. Saya sudah mencoba dengan sangat keras, tapi tidak pernah bisa meraih juara,” ungkap Messi.

Sejak memperkuat timnas Argentina pada tahun 2005, Messi telah mengoleksi 113 penampilan dan membukukan 55 gol. Saat ini, Messi menjadi topskorer sepanjang masa bagi La Albiceleste, mengalahkan catatan dari Gabriel Batistuta yang mengoleksi 54 gol bersama timnas.

Tidak hanya Messi, Javier Mascherano juga memutuskan untuk mengakhiri kariernya dari timnas. Pernyataan itu juga dikatakan oleh Mascherano setelah kegagalan Argentina di partai final Copa America Centenario kontra Chile.