MLS Kecam Keputusan Conte Coret Pirlo Dan Giovinco

Manajemen Major League Soccer (MLS) menyesalkan keputusan Antonio Conte yang mencoret Andrea Pirlo dan Sebastian Giovinco dari squad tim nasional Italia ke Piala Eropa 2016. Conte pun tidak bersedia menjelaskan dengan rinci apa alasannya mencoret dua pemain yang sedang bermain Amerika Serikat.

Dalam sesi wawancara dengan media yang diadakan pada hari Selasa, 24 Mei 2016, Conte mengatakan jika Pirlo dan Giovinco tidak cocok dengan karakter pemain dalam rencananya. Conte juga menganggap keputusan itu sudah diperkuat dengan data dari tim teknis yang mengamati penampilan keduanya di AS.

“Saya sudah berbicara dengan Andrea Pirlo mengenai persoalan ini. Selain itu saya sudah mengirim staf saya ke sana beberapa pekan terakhir untuk mengamati perkembangannya. Keputusan saya ini bukanlah keputusan asal-asalan, tetapi juga berdasarkan pengamatan” unkap Conte seperti yang dilansir oleh Gazetta World.

Pernyataan Conte tersebut kemudian menyulut kemarahan dari pihak manajemen MLS. Mereka menilai pencoretan Pirlo dan Giovinco hanya karena pertimbangan subyektif semata. Pihak manajemen MLS menganggap Pirlo dan Giovinco selalu bermain oke. Bahkan pada kompetisi musim lalu Giovinco tampil sebagai pemain terbaik usai mencetak 22 gol dari 33 pertandingan.

Manajemen MLS justru heran karena striker Italia yang dibawah Conte sedang mengalami tren buruk. Simone Zaza jarang mendapat kesempatan bermain di Juventus. Demikian juga Graziano Pelle yang tampil kurang oke musim ini di bawah bendera Southampton.

Sementara Eder dan Ciro Immobile juga kurang bersinar bersama klubnya. Hanya Lorenzo Insigne bisa dibilang tampil oke bersama dengan Napoli musim lalu.

“Saya heran, apakah yang sebenarnya dilakukan oleh tim teknis Antonio Conte selama berada di Amerika Serikat. Kenapa mereka membuat kesimpulan jika MLS menghancurkan karier Sebastian Giovinco dan Andrea Pirlo?” tulis laman resmi MLS seperti yang dikutip dari Football Italia.