Pensiun, Sam Allardyce Putuskan Mundur dari Crystal Palace

Sam Allardyce tidak akan menjabat sebagai pelatih Crystal Palace di tahun yang akan datang. Allardyce akhirnya mengambil keputusan untuk berhenti dari klubnya di penghujung musim ini.

Sam Allardyce memulai tugasnya sebagai pelatih Crystal Palace di bulan Desember 2016 yang lalu sebagai pengganti Alan Pardew. Mantan pelatih timnas Inggris tersebut mendapat kontrak sampai dua setengah tahun sebagai pemimpin The Eagles.

Bersama Allardyce, Palace memang meningkat dan jauh dari zona degradasi. Klub itu menyudahi musim dengan berada di posisi ke-14 di klasemen Premier League musim ini. Selain itu, Palace juga menciptakan kejutan dengan menang atas Arsenal, Chelsea, dan Liverpool.

Walau cukup berhasil bersama Palace, Allardyce ternyata tidak memiliki keinginan untuk kembali membawa timnya di musim depan. Pria 62 tahun tersebut memutuskan untuk berhenti dan ingin istirahat dari dunia sepakbola.

” Ini menjadi hal yang sangat sulit, namun di sisi lain, ini hal yang sederhana. Saya akan mengucapkan terima kasih pada Palace dan Steve Parish yang sudah menyediakan saya peluang dan berpisah dengan baik setelah membawa klub tetap ada di Premier League, ” ujar Allardyce.

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa bahwa pihak klub sudah memberikan kesempatan bagi dirinya untuk memperbaiki reputasi setelah apa yang terjadi di timnas Inggris beberapa waktu yang lalu. Dengan kesempatan tersebut, sebagai seorang pelatih di Premier League, dia merasa bahwa dirinya masih mempunyai potensi yang signifikan.

” Ini merupakan waktu yang tepat untuk saya, saya tahu hal tersebut dalam hati saya. Saya tidak memiliki keinginan melanjutkan karir. Saya hanya ingin dapat merasakan semuanya yang sebelumnya tidak saya rasakan dalam waktu 24 jam sehari dan tujuh hari satu minggu ketika bersama di klub sepakbola, khususnya Premier League, ” tutur Sam Allardyce.

Sementara itu, selain Crystal Palace dan timnas Inggris, Allardyce pernah menjabat sebagai pelatih di beberapa klub seperti Blackpool, Notts County, Bolton Wanderers, Newcastle United, Blackburn Rovers, West Ham United, dan Sunderland.