‘Portugal Terlalu Mengandalkan Ronaldo’

Legenda tim nasional Argentina, Diego Maradona menilai jika timnas Portugal terlalu mengandalkan bintang utama mereka, Cristiano Ronaldo dalam setiap pertandingan yang dijalani. Maradona juga lebih menjagokan Kroasia ketimbang Portugal dalam duel babak 16 besar Piala Eropa 2016.

Portugal bersusah payah dalam perjalanan mereka di fase grup Piala Eropa 2016. Seleccao das Quinas harus bekerja mati-matian dalam menjalani duel kontra Hongaria dalam pertandingan pamungkas Grup F, Rabu 22 Juni 2016 kemarin.

Portugal akhirnya bisa lolos ke fase knockout usai bermain imbang 3 – 3 kontra Hongaria setelah sebelumnya ketinggalan 3 gol lebih dulu. Ronaldo mencetak dua gol dan menyumbangkan satu assist untuk Nani dalam pertandingan tersebut.

Melaju ke babak 16 besar sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik, Portugal selanjutnya akan berhadapan dengan kesebelasan Kroasia pada laga babak 16 besar, yang rencananya akan diselenggarakan di Lens, pada Sabtu 25 Juni 2016 besok.

“Yang saya amati selama ini, ┬áPortugal terlalu mengandalkan permainan hanya kepada satu orang saja, Cristiano Ronaldo,” tulis Maradona dalam majalah Times of India.

Di timnas Portugal, Ronaldo menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak, yakni sebanyak 129 kali penampilan sekaligus top skorer sepanjang masa dengan catatan 60 gol. Ronaldo juga menjadi pemain pertama yang mampu mencetak gol di empat edisi Piala Eropa berbeda serta pemain yang mencatatkan jumlah penampilan terbanyak di putaran final Piala Eropa dengan torehan 17 laga.

“Cristiano tampil brilian dalam pertandingan menghadapi Hongaria, tapi kekuatan mereka tinggal setengah jika dia tidak tampil oke dan Kroasia yang cerdik secara taktik akan memastikan dia tidak akan mendapatkan banyak operan bola,” kata Maradona.