Ronaldo Sebut Berikan Waktu untuk Inter Berkembang

Inter Milan secara derastis berubah dari tanpa kalah menjadi hasil tanpa menang pada musim ini. Perubahan dibutuhkan, namun biarlah pelatih yang lakukan itu.

Inter pernah melangkah tanpa hasil buruk dari awal musim sampai tengah Desember tahun 2017 kemarin. Jumlah 17 laga dilalui, dengan hasil 13 kali menang dan 4 hasil seri yang diraih.

Namun selanjutnya beberapa hasilnya terbalik. Sedari tunduk saat berhadapan dengan Udinese, sekarang ini tercatat ada 8 pertandingan di tiap kompetisi yang dilalui Inter tanpa hasil oke. Mereka menerima 3 hasil negatif secara berturut-turut, kemudian catatkan 5 hasil seri beruntun hingga sekarang ini.

Hasil-hasil tersebut juga bikin Nerazzurri tercecer dalam perselisihan mengejar Scudetto dan terdepan di Coppa Italia. Di Serie A, Inter sekarnag ini tertahan di urutan 4 dengan nilai 45 lewat 23 pertandingan, tertinggal 15 poin dari Napoli di urutan teratas dan hanya 1 poin di depan AS Roma yang mengancam.

Keadaan ini diakui oleh bekas pemain penyerang Inter, Ronaldo Luis Nazario de Lima, mengecewakan. Namun di waktu yang bersamaan, ia menyaksikan ada basis yang sangat positif dari sejumlah bulan pertama musim ini yang dapat dikembangkan lebih jauh lagi.

“Pernah nampak seperti ini bakal menjadi tahunnya kami. Anda tidak dapat pertanyakan semua orang, dari pemain sampai pelatih, tiap tahunnya,” imbuh Ronaldo.

“Anda perlu yakin dengan sebuah proyek dan berinya waktu yang diperlukan untuk sukses. Yang dilakukan Inter pada 2 bulan pertama musim ini tak mungkin sebuah hal yang kebetulan.”

“Semua orang pernah bilang seperti apa Spalletti ialah perekrutan paling oke mereka. Saya cenderung setuju dengan apa yang dibilanag oleh presiden saya, Moratti, kalau ia sebagus itu, maka saat ini merupakan waktunya untuk ia temukan kunci untuk membawa pemain tertentu — saya tidak menyebutkan nama — kembali ke tingkat tertentu, sekalipun itu berarti ia perlu merubah sesuatu,” kata dia.