Target Spanyol Pertahankan Juara Piala Eropa

Bisa dibilang jika performa Tim nasional Spanyol tak lagi sehebat beberapa tahun silam. Walaupun demikian, hal itu tak mengurangi keyakinan para penggawa squad La Furia Roja untuk kembali berjaya di Piala Eropa 2016.

Performa timnas Spanyol menurun setelah menjuarai Piala Eropa 2012. Diawali dengan kekalahan saat menghadapi Brasil dalam partai final Piala Konfederasi setahun setelahnya, Spanyol kemudian dihajar di Piala Dunia dua tahun lalu.

Dibantai 1 – 5 oleh Belanda dalam laga pertama penyisihan grup, Spanyol pun menyusul Prancis dan Italia sebagai juara dunia yang langsung tersungkur di fase grup, setelah dikalahkan 0 – 2 dari Chile. Kemenangan 3-0 atas Australia di laga terakhir hanya jadi kado hiburan.

Menurunnya Spanyol dilanjutkan dengan terus merosotnya posisi mereka di daftar peringkat FIFA. Setelah lama berada di posisi pertama dari 2008 hingga 2013, Spanyol sempat keluar dari posisi 10 besar tahun lalu sebelum kini menghuni posisi ketiga.

Walaupun demikian, Spanyol sebagai juara bertahan masih masuk dalam favorit juara di Piala Eropa mendatang selain tuan rumah Prancis dan juga Jerman. Maka itu, mempertahankan gelar juara untuk tiga edisi berturut-turut jadi target utama squad La Furia.

“Kami ingin sekali bisa bermain bagus dalam kompetisi Piala Eropa nanti untuk mendekatkan diri dengan target kemenangan tiga kali beruntun,” ungkap Andres Iniesta.

“Saya pikir kami dalam kondisi yang benar untuk melakukan itu. Seperti banyak hal dalam kehidupan, tim nasional pun sudah melalui banyak perubahan. Kami ingin menunjukkan permainan positif dan membuat fans kembali mendukung kami,” sambungnya.

Spanyol masuk dalam Grup D bersama dengan Republik Ceko, Turki, dan Kroasia. Laga pembuka melawan Ceko akan diselenggarakan pada 13 Juni 2016 mendatang.