Tidak Diperkuat Para Pemain Penting, Barca Main Sangat Serius Sejak Awal

Absennya beberapa pemain andalan dalam laga melawan Athletic Bilbao jadi sebuah pemicu tersendiri untuk Barcelona. Mereka dipaksa tampil sangat serius sejak menit-menit awal pertandingan.

Berlaga ke San Mames, Kamis 21 Januari 2016 dinihari WIB tadi, di leg I babak perempatfinal Copa del Rey, Barca bermain tanpa Lionel Messi, Luis Suarez, serta Jordi Alba. Messi diistirahatkan usai mengalami cedera ringan akhir pekan lalu, Suarez menjalani hukuman skorsing, serta Alba sedang dirawat karena cedera hamstring.

Untuk mengatasi permasalahan absennya para pemain ini, Luis Enrique pun menurunkan Munir El Haddadi di pos penyerang bersama dengan Neymar dan Arda Turan, sementara Sergi Roberto dimainkan di posisi bek kiri.

Blaugrana lantas langsung tancap gas sejak menit-menit awal, dengan mencetak dua gol masing-masing pada menit ke- 18 dan 24. Munir mencetak gol pertama kemenangan Barcelona dan kemudian diikuti oleh Neymar.

Walaupun mengawali dengan apik, setelah itu tak ada lagi gol tercipta oleh skuat Enrique. Mereka justru kebobolan di menit-menit akhir oleh Aritz Aduriz hingga skor akhir menjadi 2-1. Bilbao sendiri tampil lebih menekan di babak kedua yang berbuah satu gol tersebut.

Gelandang Barcelona, Andres Iniesta mengakui jika laga ini memang menyulitkan, dengan absennya sejumlah pemain serta pertandingan yang berlangsung di kandang lawan. Namun penampilan fokus sejak menit pertama membuahkan hasil positif.

“Terkadang ketika lawan Anda sedang dalam posisi tertinggal, mereka akan benar-benar menekan habis-habisan dan itu bisa menjadi masalah. Namun secara keseluruhan kami bisa merasa senang,” ungkap Iniesta.

Kemenangan atas Athletic Bilbao di San Mames dini hari tadi akan menjadi bekal bagus untuk Barca dalam menatap leg kedua di Camp Nou pekan depan.