Valencia Buat Rekor Baru Di Liga Europa

Valencia mencatat sebuah rekor baru dalam lolosnya mereka ke babak 16 besar Liga Europa musim 2015/2016. Tim besutan Gary Nevile tersebut baru saja mencatat kemenangan dengan agregat terbesar sepanjang sejarah kompetisi tersebut diadakan.

Valencia mengalahkan tim tuan rumah Rapid Wina dengan skor 4 – 0 pada hari Jumat 26 Februari 2016 dinihari WIB, dalam leg II babak 32 besar. Rodrigo Moreno, Sofiane Feghouli, dan Pablo Piatti menjadi pencetak gol kemenangan Los Che di babak pertama, kemudian Ruben Vezo menyempurnakannya di babak kedua.

Kemenangan tersebut sukses membuat Valencia melenggang ke babak 16 besar dengan skor agregat 10 – 0. Pada pertemuan pertama yang berlangsung di Mestalla Stadium, tim “kelalawar Mestalla” itu menang dengan skor 6 – 0.

Sejak Liga Europa pertama kali diadakan pada musim 2009/2010, kemenangan Valencia kontra Rapid Wina ini merupakan kemenangan agregat terbesar. Valencia mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh FC Porto, Metalist Kharkiv, serta Dynamo Kiev. Ketiga klub tersebut pernah menang dengan agregat tujuh gol

“Saya merasa sangat puas dengan profesionalisme, sikap, dan mentalitas yang ditunjukkan oleh anak-anak asuh saya. Penampilan mereka sangat bagus, namun saya pikir ketika Anda menjalani sebuah pertandingan seperti ini, pertanyaan utama yang saya ajukan kepada para pemain adalah mengenai profesionalisme, mentalitas, dan sikap mereka dalam bermain,” ungkap Neville.

“Saya sebelumnya mengatakan kami memiliki dua misi: yang pertama adalah menyelesaikan babak ini, tapi saya juga ingin kami mempertahankan momentum dan saya menginginkan sebuah performa bagus. Untungnya pada pertandingan malam ini kami bisa memperoleh keduanya.”