Wenger Sempat Ragu Saat Akan Rekrut Petr Cech

Membawa Petr Cech pergi dari Stamford Bridge ke Emirates Stadium ternyata bukan sebuah keputusan yang mudah untuk Arsene Wenger. Kondisi fisik kiper berkebangsaan Republik Ceko tersebu yang membuat Wenger harus berpikir panjang.

Cech resmi menjadi pemain Arsenal pada musim panas 2015 lalu, setelah 11 tahun sebelumnya setia menunggu mistar gawang Chelsea. Namun di musim terakhirnya berseragam The Blues, Cech lebih sering berada di bangku cadangan posisi kiper utama dipercayakan kepada Thibaut Courtois.

Faktor itulah yang membuat Wenger sempat merasa ragu saat ada kesempatan untuk bisa mendatangkan Cech. Keputusan untuk membeli Cech dikatakan oleh manajer asal Prancis itu sebagai sebuah keputusan yang sangat sulit.

“Saat saya bertemu Petr, saya merasa dia masih berhasrat untuk terus tampil oke dan motivasi yang dia miliki. Dia lama tak bermain dan tentu saja fisiknya menurun. Tapi saya tahu dia memiliki potensi yang luar biasa mengingat saya selalu berhadapan dengannya selama 11 tahun di Premier League.” ungkap Wenger.

Hal lain yang membuat Wenger ragu untuk mendatangkan Cech adalah karena saat itu dia masih memiliki David Ospina yang tampil meyakinkan di bawah mistar gawang The Gunners.

Cech kemudian berhasil membuktikan jika keputusan Wenger mengontraknya tidak salah. Dari 22 penampilan di musim ini, Cech hanya kebobolan 21 kali dan mencatat 10 clean sheet. Dia rata-rata membuat 2,4 penyelamatan dalam setiap laga.