Zidane Belum Sepenuhnya Bisa Penuhi Harapan Real Madrid

Raksasa La Liga, Real Madrid sepertinya harus merelakan trofi La Liga di musim ini kembali menjadi milik rival abadinya, Barcelona.

Walaupun manajer Madrid, Zinedine Zidane masih merasa yakin jika timnya masih mampu bersaing memperebutkan gelar La Liga, namun perjalanan Los Galacticos untuk meraih trofi menjadi semakin berat. Apalagi performa dari Lionel Messi dan rekan-rekannya yang semakin ganas diyakini membuat Madrid semakin sulit menjadi juara.

Ditahan imbang oleh Malaga di Rosalade, Minggu 21 Februari 2016 membuat Los Blancos tertahan di peringkat tiga klasemen sementara dengan 54 poin, sementara Barcelona sudah mengumpulkan 63 poin. Dengan menyisakan 13 laga lagi, peluang Real Madrid memang masih ada.

Situasi yang terjadi saat ini tidak terlepas dengan pergantian kepelatihan di Madrid. Awal tahun lalu Madrid memecat Rafael Benitez dan menggantinya dengan Zinedine Zidane. Zidane awalnya dipercaya bisa merubah Madrid menjadi lebih baik. Ketika pria asal Prancis ini ditunjuk menjadi pelatih, Madrid tertinggal lima poin dari saingan berat mereka.

Namun dengan membaca papan klasemen sementara La Liga saat ini menunjukkan bahwa selisih kini telah bertambah menjadi sembilan poin. Ini memberikan bukti yang jelas jika Zidane belum bisa memberikan perubahan besar kepada Real Madrid.

Di bawah asuhan Benitez, Los Galacticos memang kurang ampuh saat berada di depan gawang, setelah hanya 20 kali membobol gawang lawannya, catatan itu lebih sedikit dibandingkan yang ditorehkan oleh Zidane yakni sebanyak 26 gol.

Madrid sejauh ini banyak kehilangan poin jika bermain dalam laga tandang. Mereka mencatat dua kali hasil imbang dalam tujuh pertandingan di luar kandang. Hasil buruk ini mereka dapatkan saat melawan Real Betis dan Malaga.

Laga berat kembali harus dilakoni Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan. Madrid akan menjamu Atletico, Sabtu depan, dalam derby Madrid. Apa pun hasilnya, itu akan menguntungkan Barca untuk semakin menjauhkan jarak dari salah satu atau kedua rival mereka.