Klavan Sudah Mulai Nyetel Dengan Liverpool

Baru direkrut pada bursa transfer musim panas ini, Ragnar Klavan dihadapkan pada sebuah tantangan beradaptasi dengan kultur dan gaya permainan yang benar-benar baru. Pelan-pelan dia merasa mulai bisa menyesuaikan diri.

Klavan didatangkan Liverpool di musim panas ini untuk memperkuat sektor belakang. Dia direkrut dengan nilai 4,2 juta poundsterling dari Augsburg, sebagai satu dari dua bek baru yang diproyeksikan untuk menutup kepergian Kolo Toure dan Martin Skrtel.

Pertama kali memperkuat klub Inggris membuat Klavan harus menyesuaikan diri dengan kultur dan gaya permainan yang benar-benar berbeda. Dia mengakui perlu sedikit waktu untuk menyesuaikan dengan lingkungan baru, namun sedikit demi sedikit mulai memahaminya berkat bantuan rekan-rekan setim, terutama dari teman seposisi, Dejan Lovren.

“Proses penyesuaian diri saya dis ini berjalan dengan bagus. Rekan-rekan setim saya sungguh-sungguh orang yang baik, mereka banyak membantu saya. Dejan banyak membantu saya untuk bermain di posisi pertahanan. Perlahan-lahan saya terbiasa dengan permainan Liverpool,” kata Klavan seperti yang dilansir dalam situs resmi Liverpool.

“Gaya permainan disini berbeda dengan Bundesliga, tapi Anda harus bisa segera beradaptasi dengan itu di latihan dan laga-laga yang kami mainkan, walaupun baru satu tim lawan kami yang berasal dari Inggris. Tapi saya perlahan-lahan mulai terbiasa.”

Klavan baru sekali berhadapan dengan tim Inggris di pramusim ini yakni saat kalah 0 – 1 dari Chelsea. Tim asuhan Juergen Klopp ini sebelumnya sudah empat kali adu kekuatan dengan tim Inggris, antara lain Tranmere Rovers, Fleetwood Town, Wigan Athletic, dan Huddersfield Town.

Selain itu, Klavan juga ambil ikut main dalam kemenangan 2 – 0 saat berhadapan dengan AC Milan, serta yang terakhir ketika kalah 0 – 1 dari AS Roma, Selasa 2 Agustus 2016 pagi WIB. Tampil di 45 menit pertama, Klavan harus menyaksikan gawang timnya dijebol oleh Edin Dzeko.