Musim Depan, VAR Resmi Diterapkan Di Liga Champions

teknologi VAR 2018Mulai musim depan kompetisi akbar Liga Champions bakal menggunakan teknologi VAR (Video Assistant Referees) sebagai cara untuk meningkatan kualitas turnamen tersebut mulai musim depan. Percobaan akan mulai dilakukan di fase knock out musim 2018/19 ini. VAR pun tak bisa dihindari lagi.

Kompetisi Liga Champions dan Liga Europa naungan UEFA bisa dikatakan adalah turnamen bergengsi terakhir yang menyetujui wacana pemakaian VAR. Hampir seluruh liga besar Eropa telah menerapkan teknologi ini.

Kali terakhir Premier League mengumumkan pemakaian VAR per musim 2019-2020. FA merasa bila VAR sangat penting dalam membantu kinerja wasit di atas lapanga. Keputusan akhir bisa ditentukan dalam hitungan detik.

Dalam sesi konferensi pers gabungan UEFA dengan ECA di Brussel, hari Selasa (20/11) waktu setempat, bos UEFA, Aleksander Ceferin menyebutkan jika kepala perwasitan UEFA, Roberto Rosetti, memastikan wasit-wasit UEFA telah menyambut hangat penggunaan VAR.

teknologi VAR

“Saya menunggu kabar terbaru dalam satu peka ini atau lebih dan kita menunggu kapan kami bisa mengaplikasikannya, paling lambat musim depan,” tegas Ceferin pada Sky Sports.

Presiden Juventus yang menjabat sebagai ketua ECA (European Club Assosciation), Andrea Agnelli, ikut menambahkan: “Musim depan adalah waktu paling lambat sehingga proses penerapan bisa jadi lebih cepat dan kami sebagai klub merasa senang atas keputusan tersebut dan mengucapkan terima kasih kepada UEFA atas upaya yang suhdah mereka lakukan.”

Sampai saat ini UEFA dikabarkan siap menerapkan VAR untuk perempat final Liga Champions musim ini yang dijadwalkan bergulir tanggal 9 April 2019.

Walau begitu sebagian besar klub meminta agar UEFA mempercepat pemakaian VAR yang berpeluang besar disetujui pada fase gugur pertama Liga Champions pada 2 Februari 2019 nanti.

Sedangkan untuk fase 32 besar Liga Europa baru dilangsungkan tanggal 14 Februari, leg pertama 8 besar digulirkan pada 11 April.